Laman

Minggu, 03 Juni 2012

Game Konsol Terbaik, Microsoft vs Sony vs Nintendo



         Diintip sejarahnya dari masa ke masa, ketiga produsen konsol game ini memang yang terbaik di kelasnya.
Masing-masing unggul dengan kelebihannya sendiri. Berikut saya terangkan rinciannya satu per satu.
  • Generasi Ketiga
Famicom/NES
       Yang pertama memproduksi konsol game adalah Nintendo. Berawal dari tahun 1983 yang berhasil rilis di Jepang, sebutan untuk game ini yaitu Famicom. Sedangkan di Amerika Serikat, lebih terkenal dalam wujud Nintendo Entertainment System (NES). Dengan Super Mario Bros, menjadikan game paling hit dan suksesor industri game Nintendo pada zaman itu.

    PlayStation
    Nintendo 64
  • Generasi Kelima
Sony bisa dibilang beruntung telah ditolak mentah-mentah tawaran untuk Nintendo. Karena dengan ide CD sebagai video gamenya, dipublikasikanlah Sony sebagai produsen video game, dengan PlayStation  sebagai ciptaan konsol game yang pertama pada tanggal 3 Desember 1994 (versi dibuat ulang dengan desain lebih tipis dan dinamai PSone pada tanggal 7 Juni 2000).
Sekaligus sebagai sistem video game pertama yang telah terjual sebanyak lebih dari 100 juta konsol game
Berbeda dengan Sony, ide Nintendo yaitu menggunakan ROM cartridges yang mempunyai memori lebih kecil dan lebih mahal daripada media optik. Tetapi Nintendo menjawab alasannya bahwa tidak seperti CD, cartridges tidak bisa rusak oleh goresan di permukaannya, lebih cepat loading dan save datanya dapat disimpan di dalam cartridge daripada di memory card, serta mencegah kasus pembajakan video game yang lebih mudah menimpa PlayStation.

    Left: The original design with vertical stand. Right: The "slimline" PlayStation 2.
    PlayStation 2
  • Generasi Keenam
Pada Generasi inilah dimulai persaingannya satu sama lain. Dimulai dengan munculnya PlayStation 2 sebagai penerus suksesi PlayStation dan konsol game pertama yang dapat memainkan DVD, yang disebarluaskan oleh Sony pada tanggal 26 Oktober 2000. Sama seperti sebelumnya, Sony membuat ulang konsolnya ke dalam versi yang lebih kecil pada tahun 2004. Dan pada Juli 2008, tercatat sebanyak 140 juta unit telah terjual.
Xbox console with "Controller S"
Xbox




Microsoft merilis Xbox sebagai konsol video game pertamanya pada tanggal 15 November 2001. Menggunakan hard drive sebagai tempat penyimpanan (save data), spesifikasi hardwarenya hampir sama dengan komputer low-end pada saat dirilis. Sempat dikritik karena modelnya yang sangat besar, dengan cepat popularitasnya meninggi berkat seri video game Halo yang dibuat. Xbox merupakan konsol game pertama yang menyertai port Ethernet dan menawarkan gaming online dengan kecepatan tinggi lewat servis Xbox Live.
Purple GameCube and controller
Nintendo Game Cube

Nintendo resmi merilis Nintendo Game Cube (NGC) pada tanggal 18 November 2001. Sejak saat inilah, Nintendo merubah media video game yang digunakan menjadi disk optik, dengan miniDVD yang berukuran
2/3 dari DVD biasa
    Xbox 360
  • Generasi Ketujuh
Pada generasi inilah, konsol terbaru dari ketiga produsen tersebut masih bertahan kepopulerannya sampai sekarang. Microsoft menyebut generasi ini "HD Era" karena semuanya mendukung 480p , dua mendukung 720p  (Xbox 360 dan PlayStation 3) dan satu mendukung 1080p  (PlayStation 3).
Dimulai dari yang pertama muncul adalah Xbox 360 buatan Microsoft yang dirilis pada tanggal 22 November 2005. Drive optik yang dipakai adalah DVD9 reader, yang bisa memutar film DVD. Juga mendukung sampai 4 stik/controller nirkabel sekaligus, dengan kemampuan teknologi permainan gerakan (motion gaming) yang disebut Kinect. Ada tiga versi slim yang tersedia dan berbeda kategori penyimpanannya, yaitu versi 4 GB SSD, 250 GB HDD dan 320 GB HDD
Original model, DualShock 3 controller and Slim model
PlayStation 3
Sony memulai produksi PlayStation 3 pada tanggal 11 November 2006. Semua versinya terdapat hard drive dan dapat memainkan Blu-ray Disc. Sistemnya mendukung koneksi sampai 7 stik/controller dengan bluetooth. Versinya saat ini yaitu versi slim 160 GB HDD dan 320 GB HDD. Hard drive-nya dapat diganti dengan 2.5" standard Serial ATA drive dan sistemnya mendukung media penyimpanan eksternal (yang kemudian dukungannya dihentikan). Sama seperti Xbox 360, dengan kemampuannya dalam permainan bergerak (motion gaming) yang diberi julukan PlayStation Move. Dengan software terbaru yang tersedia saat ini, PlayStation 3 dapat memutar film dan game Blu-ray 3D.
Wii with Wii Remote
Nintendo Wii
Dan yang terakhir adalah Nintendo Wii yang berawal diproduksi pada tanggal 19 November 2006. Produknya disertai dengan Wii Sports dan Wii Sports Resort di seluruh negara, kecuali Jepang. Menggunakan flash memori internal sebesar 512 MB dan mendukung penyimpanan SD card eksternal. Harganya terjangkau diantara yang lain dan  controller unik (Wii Remote) yang menyerupai remote TV, yang menggunakan sensor bar sebagai pengirim cahaya inframerah dan terdeteksi oleh kamera inframerah yang terdapat pada konsol, untuk menentukan orientasi yang relatif berdasarkan sumber cahaya dari controller. Juga mendukung permainan konsol game pendahulunya dan Virtual Console, agar pengguna dapat membeli dan mengunggah game dari sistem yang lama. Tambahan terakhir yang sama seperti konsol lainnya yaitu Wii Motion Plus, tapi dengan motion tracking dan sensing yang lebih baik untuk menambah kualitas permainan. Modelnya saat ini adalah Wii Sports, Wii Sports Resort, dan Wii Motion Plus.

Saat ini Xbox telah terjual sekitar 5 juta buah, dan diramalkan akan terjual 10 juta sebelum akhir tahun 2006. PlayStation 3 akan mulai dijual pada 17 November 2006 dan Wii juga pada akhir tahun 2006.
Ok, sepertinya sudah semua saya jabarkan. Semua pilihan tergantung pada gamer sendiri, lebih nyaman dan menikmati konsol game yang mana, yang sesuai dengan hobinya masing-masing.

2 komentar:

  1. post harga2 konsol nya dong, dari seri playstation, xbox, nitendo. dari yg baru sampe yg seken

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak jualan w pe, behel mlulu sih diurusin

      Hapus